Tips Merencanakan Budget Pernikahan

Membuat perencanaan biaya pernikahan memang harus di rencanakan jauh-jauh hari mempersiapkan dananya semua karena akan membutuhkan proses karena dana adalah kunci dari seluruh acara proses pernikahan anda. Dalam kutipan beberapa sumber, persiapan dana pernikahan ini ada yang membutuhkan 5 tahun sebelum hari pelaksanaan pernikahan anda, tapi ada juga persiapan dana nikah sekurangnya 2 tahun sebelum hari H. Kenapa ada perbedaan pendapat mungkin bisa diambil dari kesimpulan acara pernikahan sendiri yang akan anda hadirkan nantinya, jika acara anda akan mewah membutuhkan sewa, jasa orgenaizer atau IO maka layaknya anda mempersiapkannya selama 5 tahun sebelumnya, tapi jika anda hanya ingin acara anda simple atau sederhana baiknya anda mengambil waktu antara 3-2 Tahun sebelum hari H. Putuskan segera tipe dan besarnya acara pernikahan Anda, estimasikan biaya yang akan di keluarkan, serta buatlah resolusinya agar tidak melebihi budget yang telah di anggarkan.

Tips Merencanakan Anggaran Biaya Yang lain adalah :

– Bagi Anda yang sudah bekerja, sebaiknya jangan terlalu mengharapkan biaya pernikahan dari orangtua. Cobalah merencanakan biaya pernikahan secara mandiri. Tetapi, bila orangtua ternyata juga ingin ikut membiayai, jangan ditolak. Uang lebih yang Anda miliki bisa dialokasikan untuk keperluan lain. Mungkin,  untuk biaya hidup setelah menikah nantinya.
– Bagi Anda yang sudah bekerja, sisihkan minimal 10% dari gaji Anda setiap bulan untuk persiapan menikah. Jika memungkinkan, enam bulan menjelang menikah, sebaiknya Anda menyisihkan lebih banyak dana. Tujuannya, untuk mengantisipasi biaya-biaya di luar anggaran yang sudah diperhitungkan.
– Tentukan segala detail pernikahan Anda agar mendapat angka dana pernikahan yang pasti mulai dari gaya pernikahan, lokasi, berapa jumlah undangan, dan lain-lain.
– Jangan sekali-kali mengharapkan jumlah sumbangan. Belum tentu sumbangan yang diterima bisa untuk mengembalikan biaya dana pernikahan anda. Anggap saja sumbangan ini adalah bonus di saat pesta pernikahan anda.

Sumber: Artikel Nikah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s