Siasati Pernikahan Dengan Dana Terbatas

Bagi Anda yang ingin menikah tapi dana Anda terbatas, berikut 6 kiat hemat, seperti dikutip dari She Knows:

1. Hitung ulang jumlah undangan Membuat daftar undangan dapat menghemat beberapa hal, yaitu jumlah cetakan undangan, jumlah porsi makanan, serta jumlah souvenir. Pastikan orang-orang yang diundang memang mengenal Anda dengan baik. Cukup dengan mengundang keluarga dan teman-teman akrab, sudah tentu melengkapi kegembiraan Anda dan pasangan. Jangan membuang-buang biaya dengan mengundang orang-orang yang tak memiliki hubungan dekat.

2. Prosesi pernikahan Jika memang budget yang Anda dan pasangan sangat ketat, maka tak perlu membuat prosesi pernikahan yang rumit seperti upacara adat. Lebih baik padatkan jadwal pernikahan menjadi satu hari. Misalnya, bagi Anda yang Muslim, gabungkan prosesi akad nikah dan resepsi menjadi satu. Begitu pula bagi yang beragama Nasrani, acara pemberkatan serta resepsi bisa dijadikan satu hari. Selain menghemat biaya untuk prosesinya, budget untuk dokumentasi pun menjadi berkurang.

3. Gunakan rekaman musik ketimbang band Menyewa band dalam pernikahan Anda juga memerlukan biaya yang cukup besar. Jika memungkinkan, cukup sediakan rekaman lagu-lagu kenangan Anda dan pasangan, lalu gunakan pemutar musik untuk mengalunkannya. Anda hanya perlu mengeluarkan budget untuk sound system, tanpa harus menyewa band dan alat musiknya.

4. Menyewa baju pengantin Tak dipungkiri, wanita mana pun pasti ingin memiliki baju pengantinnya sendiri. Namun Anda juga harus realistis. Jika budget Anda terbatas, sebaiknya pilihlah penyewaan busana pengantin yang baik. Ketimbang memaksakan membuat baju dengan budget yang ada, hasil yang Anda dapatkan malah tidak maksimal. Kini banyak juga butik pengantin yang menyediakan penyewaan kebaya dan gaun pengantin, dengan harga yang sangat terjangkau. Anda pun tetap bisa tampil cantik di pesta pernikahan.

5. Tempat Pernikahan Jika memang budget Anda terbatas, tidak perlu gengsi untuk menggelar pernikahan di tempat yang biaya sewanya sesuai dana Anda. Pilih gedung yang jarang disewakan secara komersial, seperti aula di dekat rumah. Jangan malu juga untuk mengadakan pernikahan di rumah. Anda pun bisa menyulap rumah menjadi area resepsi yang menarik dan dapat menampung seluruh tamu.

6. Manfaatkan Teman / Saudara Anda bisa memanfaatkan jasa teman/saudara Anda untuk menyempurnakan moment pernikahan Anda. Contohnya, jika Anda punya saudara yang jago fotografi dan memiliki kamera yang oke, Anda bisa meminta bantuannya untuk mengabadikan moment penting Anda. Tentu saja ini akan menghemat budget yang Anda keluarkan untuk dokumentasi. Dengan catatan, mereka adalah professional. Jangan sekali-kali meminta bantuan saudara Anda yang hanya sekedar bisa foto saja. Biarpun hemat, tapi jika moment bahagia Anda tidak terekam dengan baik, buat apa?

Sumber : http://notifikasiku.blogspot.com/2011/10/6-trik-menikah-dengan-dana-yang.html#ixzz2JCPTSQKi Under Creative Commons License: Attribution dan duniawedding.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s